Abstrak


Pengaruh Lingkungan Belajar dan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Yustina Dianti - K7617096 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar mahasiswa, (2) pengaruh media pembelajaran terhadap minat belajar, dan (3) pengaruh lingkungan belajar dan media pembelajaran secara simultan terhadap minat belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi di lingkungan Universitas Sebelas Maret. 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melibatkan mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2020, 2021, 2022, dan 2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni teknik probability sampling  yang berjenis proportionate random sampling. Penelitian ini menggunakan  analisis data yaitu analisis regresi linier berganda. 

Temuan pada penelitian ini sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap minat belajar. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media pembelajaran terhadap minat belajar. (3) terhapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan media pembelajaran secara simultan terhadap minat belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret.