Abstrak


Profil Kasus Kematian Tidak Wajar yang Diperiksa di RSUD Dr. Moewardi Surakarta Tahun 2023


Oleh :
Nurani Almira Salsabilla - G0018161 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Kematian tidak wajar merupakan kematian yang disebabkan oleh keracunan, kecelakaan, bunuh diri, maupun pembunuhan. Kasus kematian tidak wajar membutuhkan pemeriksaan forensik untuk mengetahui penyebab kematian. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan profil kasus kematian tidak wajar yang diperiksa di RSUD Dr. Moewardi Surakarta pada tahun 2023.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian observasional deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dari surat visum et repertum kasus kematian tidak wajar di Instalasi Kedokteran Forensik dan Medikolegal RSUD Dr. Moewardi Surakarta tahun 2023.

Hasil: Jumlah keseluruhan kasus kematian tidak wajar yang diperiksa di RSUD Dr. Moewardi Surakarta tahun 2023 adalah 110 kasus dengan regio trauma terbanyak adalah kepala (48%), penyebab kematian terbanyak tidak dapat ditentukan (49%), mekanisme kematian terbanyak tidak diketahui (59%), dan perkiraan waktu kematian terbanyak adalah belum ada pembusukan (70%).

Simpulan: Pada kasus kematian tidak wajar di RSUD Dr. Moewardi Surakarta tahun 2023, regio trauma terbanyak adalah kepala. Penyebab kematian terbanyak tidak dapat ditentukan, mekanisme kematian terbanyak tidak diketahui, dan perkiraan waktu kematian terbanyak adalah belum ada pembusukan.