Abstrak


Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz dalam Pembelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMK NEGERI 1 SURAKARTA


Oleh :
Bernadeta Winda Putri Permatasari - K7720016 - Fak. KIP

Bernadeta Winda Putri Permatasari. K7720016. Pembimbing : Dr. Binti Muchsini,M.Pd., M.Si. PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMK NEGERI 1 SURAKARTA. Skripsi,Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2024.


Penelitian ini bertujuan untuk menguji mengenai pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran problem based learning dengan bantuan Quizizz dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran problem based learning dalam mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang. Populasi penelitian ini adalah kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri sebanyak 72 siswa terhadap menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu (quasi experimentalresearch). Data berpikir kritis siswa diperoleh melalui pretest dan posttest. Uji Prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent t-test, uji paired sampel t-tes, n-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan bantuan Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMK Negeri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan bantuan Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMK Negeri.