Abstrak


FAKTOR NON TEKNIS DALAM PENCAPAIAN TARGET PRESTASI TIM VOLI PANTAI PUTRI KOTA SURAKARTA PADA PORPROV XVI JAWA TENGAH PATIRAYA TAHUN 2023


Oleh :
Muhammad Abilfida Hafidz Ma`arif - O0120079 - Fak. Keolahragaan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) faktor non teknis apa saja yang mempengaruhi pencapaian target prestasi pada tim voli pantai putri kota Surakarta pada saat PORPROV XVI Jawa Tengah Patiraya tahun 2023; (2) Peran faktor non teknis terhadap pencapaian target prestasi tim voli pantai putri kota Surakarta pada PORPROV XVI Jawa Tengah Patiraya tahun 2023; (3) Cara antisipasi faktor non teknis pada PORPROV XVI Jawa Tengah Patiraya tahun 2023.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunkan metode deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek menggunakan teknik ex post facto. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam dengan subjek yang ditentukan yaitu satu pelatih tim voli pantai putri kota Surakarta, enam atlet tim voli pantai putri kota Surakarta, dan satu pengurus KONI kota Surakarta.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) faktor non teknis dalam pencapaian target prestasi tim voli pantai putri kota Surakarta pada PORPROV XVI Jawa Tengah Patiraya tahun 2023 ada 6 faktor non teknis yang ditemukan yaitu sarana dan prasarana, peran pelatih, penghargaan dari masyarakat dan pemerintah, dana yang memadai, organisasi yang tertib, dan faktor alam. (2) peran faktor non teknis merupakan hal yang harus diperhatikan, namun tim voli pantai putri kota Surakarta mengesampingkan faktor non teknis dan lebih fokus terhadap faktor teknis. (3) pelatih tim voli pantai putri kota Surakarta hanya memberikan materi tentang cara mengantisipasi faktor alam.

Kesimpulan yang dihasilkan yaitu (1) ada 6 faktor non teknis yang ditemukan yaitu sarana dan prasarana, peran pelatih, penghargaan dari masyarakat dan pemerintah, dana yang memadai, organisasi yang tertib, dan faktor alam. (2) peran faktor non teknis merupakan hal yang harus diperhatikan dalam setiap cabang olahraga. Maka dapat disimpulkan bahwa tim voli pantai putri kota Surakarta tidak begitu paham dengan peran faktor non teknis, pelatih lebih memfokuskan latihan teknik dan skill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atlet juga jarang diberikan materi mengenai faktor non teknis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengurus KONI tidak begitu peduli dengan faktor non teknis. (3) pelatih tim voli pantai putri kota Surakarta hanya memberikan materi tentang cara mengantisipasi faktor alam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atlet tim voli pantai putri kota Surakarta masih minim literasi dalam hal cara antisipasi faktor non teknis secara keseluruhan.