Abstrak


Pengembangan Media Pembelajaran dengan E-Modul Shielded Metal Arc Welding (SMAW) Siswa Kelas 11 SMK Ganesha Tama Boyolali


Oleh :
Dadang Pratama - K2520022 - Fak. KIP

Dadang Pratama. K2520022. Pembimbing I : Valiant Lukad Perdana Sutrisno, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II : Budi Harjanto, S.T., M. Eng. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN E-MODUL SHIELDED METAL ARC WELDING (SMAW) SISWA KELAS 11 SMK GANESHA TAMA BOYOLALI. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2024.

Penelitian ini bertujuan membuat e-modul yang layak agar dapat digunakan sebagai bahan belajar mengajar pada mata pelajaran pengelasan di jurusan Teknik Pemesinan dan Teknik Mekanik Industri SMK Ganesha Tama Boyolali. Penelitian ini menerapkan metode Reasearch and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Development, dan Dissemination). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang digunakan untuk pengujian kelayakan e-modul. Penilaian dilakukan oleh ahli media, materi, bahasa dan siswa jurusan Teknik Pemesinan dan Teknik Mekanik Industri SMK Ganesha Tama Boyolali. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif untuk menjelaskan data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan penilaian sangat layak untuk digunakan dengan nilai dari ahli media 3,8, ahli materi 3,9, ahli bahasa 3,3, siswa 3,3. Berdasarkan penilaian tersebut e-modul yang dikembangkan dapat digunakan dalam mata pelajaran pengelasan.