Abstrak


Peningkatan Kemampuan Numerasi melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Siswa Kelas IX A SMP NEGERI 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2023/2024


Oleh :
Genoveva Yashinta Desideria - K1320037 - Fak. KIP

Genoveva Yashinta Desideria. K1320037. PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) dan bagaimana kemampuan numerasi siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2023/2024 setelah diberikan penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian adalah guru mata pelajaran matematika kelas IX A SMP Negeri 2 Sukoharjo dan siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah sebanyak 32 siswa. Data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh untuk mengukur penelitian berupa kuesioner, lembar observasi, dokumentasi dan tes akhir. Prosedur penelitian tindakan ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan materi pokok kesebangunan dan sub materi kesebangunan pada bangun datar, segitiga, segitiga sisi sejajar dan penerapan kesebangunan pada kehidupan sehari-hari. Indikator ketercapaian penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu (1) Banyaknya siswa yang mencapai kategori tinggi pada kemampuan numerasi dalam memecahkan suatu permasalahan mencapai lebih dari 70?ri banyaknya siswa di kelas tersebut dan (2) Rata-rata skor kelas terhadap kemampuan numerasi dalam memecahkan suatu permasalahan mencapai lebih dari 70. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) dilakukan melalui langkah pembelajaran kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dimana memanfaatkan media pembelajaran interaktif, (2) Kemampuan numerasi matematika siswa yang meningkat melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan STEAM dengan rata-rata nilai siswa sebesar 73,28 dan presentase kemampuan numerasi siswa sebesar 75% pada kategori tinggi. Jadi, model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa.