Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Peningkatan Hasil Belajar PPKn di Kelas III SD Negeri 2 Bayem Tahun Ajaran 2023/2024


Oleh :
Damarjati Panggalih - K7117049 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT); (2) meningkatkan hasil belajar PPkn materi pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari; (3) menjelaskan kendala dan solusi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn materi pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di kelas III SD Negeri 2 Bayem Tahun Ajaran 2023/2024. 

Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes evaluasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kualitatif dan kuantitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn materi pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dilaksanakan dengan langkah-langkah yaitu: (a) presentasi kelas, (b) teams, (c) turnamen, dan (d) rekognisi tim; (2) meningkatnya hasil belajar PPKn materi pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari pada siklus I sampai siklus II. Besaran rata-rata persentase ketuntasan KKM=75 pada siklus I sebesar 77,5?n pada siklus II sebesar 92,5%; (3) kendala yang ditemui yaitu terdapat beberapa siswa yang masih belum berani untuk bertanya kepada guru jika ada sesuatu yang belum dipahami dan siswa yang kelompok timnya tidak berhasil memenangkan turnamen masih terlihat gaduh, solusi yang diberikan yaitu guru dapat mendorong siswa untuk aktif bertanya dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan materi pembelajara dan guru dapat mengkondisikan suasana kelas agar lebih kondusif sehingga semua siswa fokus mendengarkan pengumuman guru. 

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn materi pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari pada siswa kelas III SD Negeri 2 Bayem tahun ajaran 2023/2024.