Abstrak


Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dengan Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPAS Materi Perubahan Bumi pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2023/2024


Oleh :
Sivani Fitrianingrum - K7120249 - Fak. KIP

Sivani Fitrianingrum. K7120249. Pembimbing I: Drs. Ngatman, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Rokhmaniyah, M.Pd. PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN BUMI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model inkuiri terbimbing dengan multimedia; (2) meningkatkan keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPAS materi perubahan bumi dengan menerapkan model inkuiri terbimbing dengan multimedia; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi dalam penerapan model inkuiri terbimbing dengan multimedia.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan subjek guru dan siswa SD Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2023/2024 sejumlah 21 siswa. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini yaitu: (1) penerapan model inkuiri terbimbing dengan multimedia dilaksanakan melalui langkah-langkah yaitu: (a) orientasi masalah dengan multimedia, (b) merumuskan masalah, (c) membuat hipotesis, (d) mengumpulkan data dengan multimedia, (e) menguji hipotesis, dan (f) merumuskan kesimpulan; (2) penerapan model inkuiri terbimbing dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan persentase rata-rata siklus I=79,79%, siklus II=87,92%, dan siklus III=91,25%; (3) kendala dan solusi yang ditemukan yaitu: (a) siswa pasif ketika kegiatan tanya jawab; (b) siswa kurang fokus dan kurang memperhatikan saat guru menjelaskan; (c) siswa kurang terlibat aktif dalam diskusi kelompok; dan (d) siswa kurang percaya diri ketika presentasi dan belum mengetahui cara presentasi yang baik. Adapun solusinya yaitu: (a) guru memberikan stimulus dan motivasi kepada siswa; (b) guru menegur dan memusatkan kembali perhatian siswa; (c) guru membimbing, mengawasi, dan mengingatkan siswa untuk berpartisipasi dalam diskusi kelompok; dan (c) guru membimbing dan memberikan apresiasi setelah presentasi.

Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model inkuiri terbimbing dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2023/2024.