Abstrak


Sumbangan Kepercayaan Diri, Konsentrasi, Dan Keseimbangan Terhadap Akurasi Shooting Pada Atlet Pembinaan Prestasi Petanque Universitas Sebelas Maret Tahun 2024


Oleh :
Tenda Mala Nata - O0120119 - Fak. Keolahragaan

Tenda Mala Nata, O0120119. SUMBANGAN KEPERCAYAAN DIRI, KONSENTRASI DAN KESEIMBANGAN TERHADAP AKURASI SHOOTING PADA ATLET PEMBINAAN PRESTASI PETANQUE UNIVERSITAS SEBELAS MARET TAHUN 2024. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta , Juni 2024.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) ada tidaknya sumbangan kepercayaan diri terhadap akurasi shooting petanque pada atlet pembinaan prestasi petanque Universitas Sebelas Maret tahun 2024, 2) ada tidaknya sumbangan konsentrasi terhadap akurasi shooting petanque pada atlet pembinaan prestasi petanque Universitas Sebelas Maret Tahun 2024, 3) ada tidaknya sumbangan keseimbangan terhadap akurasi shooting petanque pada atlet pembinaan prestasi petanque Universitas Sebelas Maret Tahun 2024, 4) ada tidaknya sumbangan kepercayaan diri, konsentrasi, dan keseimbangan terhadap akurasi shootig pada atlet pembinaan prestasi petanque Universitas Sebelas Maret Tahun Tahun 2024.

Penelitian ini adalah penelitian korelasioanal. Sumber data diambil dengan angket tertutup, tes dan pengukuran sebagai instrumen penelitian terhadap atlet Pembinaan Prestasi Petanque Universitas Sebelas Maret Tahun 2024. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan korelasional mengunakan aplikasi SPSS versi 26.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Kepercayaan diri memberikan sumbangan yang berarti terhadap variabel akurasi shooting petanque dengan sumbangan efektif sebesar 17,2?n sumbangan relatif sebesar 58%. 2) Konsentrasi memberikan sumbangan yang berarti terhadap akurasi shooting petanque dengan sumbangan efektif sebesar 7,37% dan sumbangan relatif sebesar 24,8%. 3)  Keseimbangan  memberikan sumbangan yang berarti terhadap akurasi shooting petanque dengan sumbangan efektif sebesar 5,1?n sumbangan relatif sebesar 17,2%. 4) Kepercayaan diri, konsentrasi, dan keseimbangan secara bersama-sama memberikan sumbangan yang berarti terhadap akurasi shooting petanque sebesar 29,7% sumbangan efektif dan 100% sumbangan relatif. Jumlah efektif tidak menunjukkan hasil 100% dikarenakan masih ada unsur kondisi fisik dan kondisi mental  lain yang menunjang saat melakukan akurasi shooting petanque.