Abstrak


PERENCANAAN STRUKTUR DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA GEDUNG BANK 2 LANTAI KABUPATEN SLEMAN


Oleh :
Bintar Yudistira Darupaksi - V4221024 - Sekolah Vokasi

Perkembangan suatu negara, khususnya di Indonesia sangat dibutuhkan untuk memajukan ekonomi suatu wilayah dan atau daerah tertentu dalam membangun infrastruktur dalam negeri. Salah satu infrastruktur yang dapat mempengaruhi ekonomi dalam negeri yaitu Infrastruktur Perbankan. Maka, diperlukannya bangunan yang dapat memajukan suatu ekonomi bangsa yaitu gedung perbankan.

Perencanaan gedung bank ini dimulai dengan melakukan studi literatur dan didapatkan hasil berupa data perencanaan. Data perencanaan dibagi menjadi data primer dan data sekunder sesuai dengan kegunaannya. Data perencanaan kemudian di analisis dengan bantuan software SAP2000, dan PCA Column dengan berdasar pada SNI 2847:2019, SNI 1726:2019, SNI 1727:2020, dan SNI:1729:2020. Dari tahap analisis tadi didapatkan hasil berupa perencanaan struktur, arsitektur, MEP, anggaran biaya dan jadwal.

Hasil dari perencanaan didapatkan bangunan gedung tahan gempa dengan material beton bertulang pada struktur kolom, balok, pelat lantai, tangga, sloof, pondasi dan material baja profil pada struktur rangka atap. Kategori resiko termasuk dalam kategori resiko I dengan faktor keutamaan gempa 1 dan tipe struktur adalah Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRMPK). Rencana anggaran biaya (RAB) pembangunan ini sebesar Rp 5.994.418.700,00 (termasuk PPn sebesar 11%) dengan rencana waktu pelaksanaan pembangunan selama 161 hari kalender.