Abstrak


Perkembangan Industri Ukir dan Pengaruhnya Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Jepara (1990-2000)


Oleh :
Zahirul Haq - K4418083 - Fak. KIP

ABSTRAK

Zahirul Haq. K4418083. PERKEMBANGAN INDUSTRI UKIR DAN PENGARUHNYA TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI

MASYARAKAT JEPARA (1990-2000). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Januari 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui perkembangan industri ukir di Jepara dari tahun 1990-2000, (2) Menjelaskan pengaruh perkembangan industri ukir terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat di Jepara dari tahun 1990-2000.

Penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan pendekatan sosial ekonomi melalui prosedur lima tahapan mulai dari pemilihan topik, heuristik, kritik, interpretasi, historiografi. Sumber data berupa arsip pemerintah daerah Jepara, surat kabar terbitan sezaman, hasil penelitian terdahulu seperti jurnal, buku, tugas akhir. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumen, studi pustaka, dan wawancara. Kritik sumber dilakukan secara intern dan ekstern. Tenik analisis data menggunakan analisis historis

Hasil penelitian sebagai berikut : (1) Industri ukir di Jepara mengalami perkembangan yang sangat pesat dari tahun 1990 hingga tahun 2000 berkat masuknya permodalan asing secara masif setelah terselenggarakannya pameran berskala internasional di Bali pada tahun 1989. Orientasi pasar mengarah pada aktivitas ekspor menjadikan industri ukir Jepara turut mengalami perubahan dalam perkembangan motifnya. Berbagai upaya dilakukan oleh pihak pemerintah Kabupaten Dati II Jepara untuk terus mengakselerasikan peluang yang ada dengan mengoptimalkan pemasaran dan program penunjang guna mengembangkan industri ukir yang sedang naik daun. Puncak dari gemilangnya industri ukir Jepara justru terjadi saat krisis ekonomi sedang menghantam Indonesia di tahun 1998 yang seringkali dikenang masyarakat sebagai masa “Booming Ukir”. Tak lama berselang industri ukir justru menuju masa keredupannya. Faktor-faktor eksternal dan internal sama-sama mengambil peran dalam redupnya industri ukir Jepara ketika memasuki periode tahun 2000-an. (2) Perkembangan industri ukir dari tahun 1990 hingga tahun 2000 yang sangat pesat menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan yang membawa pengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat Jepara. Perubahan yang terjadi membawa pengaruh, baik itu yang bersifat positif maupun negatif. Secara positif, perkembangan industri ukir mempengaruhi terjadinya mobilitas penduduk, peningkatan taraf ekonomi dan gender, tingkat pendidikan masyarakat, peningkatan infrastruktur jalan, pembangunan infrastruktur telekomunikasi, perkembangan industri baru, tumbuhnya jasa keuangan. Selain itu, perkembangan industri ukir juga membawa pengaruh negatif yakni munculnya monopoli dan persaingan usaha, meningkatnya kriminalitas dalam hal ini berupa pelanggaran keimigrasian dan praktik kawin kontrak, serta terjadinya kerusakan lingkungan.


Kata kunci :industri ukir, perubahan sosial, perubahan ekonomi, Jepara