Abstrak


Kontribusi Keseimbangan Dinamis, Kecepatan Reaksi Dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Lari Sprint 100 Meter Pada Mahasiswa Pembinaan Prestasi Atletik Fkor Uns


Oleh :
Annas Alfajri Ardiansyah - O0120024 - Fak. Keolahragaan

Annas Alfajri Ardiansyah. O0120024. KONTRIBUSI KESEIMBANGAN DINAMIS, KECEPATAN REAKSI DAN KONSENTRASI TERHADAP KEMAMPUAN LARI SPRINT 100 METER PADA MAHASISWA PEMBINAAN PRESTASI ATLETIK FKOR UNS. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2024.

Tujuan penelitian ini  adalah untuk mengetahui kontribusi keseimbangan dinamis, kecepatan reaksi, dan konsentrasi terhadap kemampuan lari 100 meter pada mahasiswa pembinaan prestasi atletik FKOR UNS.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan korelasional dengan jenis penelitian kuantitatif. Pemilihan metode ini dikarenakan peneliti ingin mengetahui kontribusi keseimbangan dinamis, kecepatan reaksi dan konsentrasi terhadap kemampuan lari sprint 100 meter. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pembinaan Prestasi Atletik FKOR UNS 2024, dengan sampel berjumlah 12 mahasiswa yang terdiri dari 9 putra dan 3 putri yang diambil menggunakan teknik Total Sampling yang merupakan teknik penentu sampel penelitian dimana jumlah sampel sama dengan jumalah populasi.

Analisis data dilakukan dengan uji asumsi analisis korelasi, kemudian dilanjutkan dengan analisis data menggunakan uji korelasi dasar. Sebelum melaksanakan uji hipotesis, dilangsungkan uji prasyarat analisis terlebih dahulu, yakni uji normalitas yang dilakukan dengan uji One-Sampel Kolmogorov-Smirnov dan uji linieritas lalu dilakukan uji hipotesis dengan melalui analisis korelasi person product momen yang kemudian dilanjutkan dengan mencari sumbangan relative dan sumbangan efektif dengan bantuan SPSS 25.

Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada besaran sumbangan antara keseimbangan dinamis, kecepatan reaksi, dan konsentrasi terhapat kemampuan lari sprint 100 meter. Keseimbangan dinamis memberikan  sumbangan  efektif  sebesar  27,8% dan  sumbangan  relatif  sebesar

35,2%. Kecepatan reaksi memberikan sumbangan efektif sebesar 30,3% dan sumbangan relatif sebesar 38,2%. dan konsentrasi memberikan sumabngan efektif sebesar 21,1% dan sumbangan relatif sebesar 26,6% terhadap kemampuan lari sprint 100 meter.