Abstrak


Sistem Informasi Pencatatan Akuntansi Kas Kecil Menggunakan BRIFIRST IEM pada Sentra Layanan Prioritas Bank BRI Kantor Cabang Solo Slamet Riyadi


Oleh :
Yohana Firda Pramudiati - V0721089 - Sekolah Vokasi

Sentra Layanan Prioritas (SLP) Bank BRI atau BRI Prioritas merupakan unit kerja Bank BRI yang memiliki fungsi menyediakan layanan eksklusif bagi nasabah dengan kategori aset simpanan besar atau aktivitas bisnis yang tinggi. Untuk memenuhi karakteristik eksklusif tersebut, Bank BRI menetapkan standar operasional layanan BRI Prioritas. Standar tersebut diwujudkan dalam prosedur layanan, tata ruang, fasilitas, jamuan, serta standar penampilan pekerja BRI Prioritas. Agar standar tersebut dapat terlaksana, Bank BRI melalui Divisi Wealth Management memberikan anggaran biaya pemenuhan standar fasilitas kepada Sentra Layanan Prioritas melalui kas kecil. Dalam rangka mewujudkan transformasi digital, Bank BRI menggunakan sebuah aplikasi berbasis website yang disebut sebagai BRI Financial Enterprise System dengan Modul Income Expense Management (BRIFIRST IEM) untuk mengelola kas kecil. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi kendala tentang Sistem Informasi Pencatatan Akuntansi Kas Kecil Menggunakan BRIFIRST IEM pada Sentra Layanan Prioritas Bank BRI Kantor Cabang Solo Slamet Riyadi.

Jenis pengamatan yang digunakan adalah observasi berperan penuh, yakni pengamat terlibat dalam menyiapkan seluruh data yang akan diinput ke dalam aplikasi serta mengoperasikan aplikasi BRIFIRST IEM. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari pengamatan ini adalah metode serta sistem yang digunakan dalam pengelolaan kas kecil SLP Bank BRI dan alur pencatatan akuntansi kas kecil menggunakan BRIFIRST IEM. Metode yang digunakan adalah metode dana tetap atau imprest yang dicatat dengan metode cash basis, serta menggunakan sistem pengelolaan dana persekot/uang muka. Alur pencatatan dimulai dengan membuat kwitansi pendebetan, permohonan nota dinas kepada Pimpinan Cabang, melakukan pembukuan teller dan mengeluarkan uang, realisasi anggaran, melakukan pembukuan CS dan membuat nota debet, verifikasi berkas, mengajukan approval, input data ke aplikasi BRIFIRST IEM, dan kliring pengembalian dana. Sistem informasi pencatatan akuntansi kas kecil ini didukung oleh komponen sistem informasi manajemen, yakni perangkat keras, perangkat lunak, brainware, prosedur, database, dan teknologi jaringan telekomunikasi. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, terdapat beberapa kendala yang dihadapi yakni proses approval, banyaknya kode yang sulit dihafal oleh user, dan kegiatan web maintenance oleh Tim Implementasi BRIFIRST IEM.