Abstrak


PENGARUH PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DAN TEACHING FACTORY TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 1 SURAKARTA


Oleh :
Iswary Amalia - K7720044 - Fak. KIP

Iswary Amalia. K7720044. Pembimbing: Prof. Dr. Susilaningsih, M.Bus.PENGARUH PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DAN TEACHING FACTORY TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 1 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) memberikan bukti empirik pengaruh pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Surakarta; 2)memberikan bukti empirik pengaruh teaching factory terhadap intensi berwirausaha siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Surakarta; 3) memberikan bukti empirik pengaruh pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan dan teaching factory terhadap intensi berwirausaha siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dengan jenis deskriptif-analitik. Sampel penelitian ini terdiri dari 84 responden (dari total populasi 105 responden) menggunakan proportionate random sampling dari siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Surakarta.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Uji prasyarat analisis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Surakarta yang dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi 0,003 < 0>SMK Negeri 1 Surakarta yang dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi <0>bersama pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan dan teaching factory terhadap intensi berwirausaha siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Surakarta yang dibuktikan dengan hasil uji F yang menunjukkan nilai signifikansi <0 Y = >14,566 + 0,269 X1 + 0,253 X2.