Abstrak


ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR


Oleh :
Rachma Kusuma R - F3119001 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK

ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR

RACHMA KUSUMA RAMADHAN

F3119001

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan studi lapangan bahwa pajak Restoran di Kabupaten Karanganyar ternyata mempengaruhi pendapatan pajak daerah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang sejauh mana tingkat efektivitas Pajak Restoran Kabupaten Karanganyar selama periode 2018-2021 dan kontribusi Pajak Restoran terhadap Pendapatan Asli daerah Kabupaten Karanganyar selama periode 2018-2021.

Metode analisis data yang digunakan dalam Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yaitu Penelitian di lakukan dengan membaca table-tabel, grafik, atau angka-angka yang tersedia kemudian melakukan uraian dan penafsiran. Metode lain yang digunakan penulis adalah analsisis deskriptif yaitu mendeskripsikan data dari fakta yang ditemukan selama Penelitian. 

Hasil Penelitian ini adalah diketahuinya  tingkat efektivitas dan kontribusi pajak restoran terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Karanganyar. Saran yang diberikan diantaranya menstabilkan pendapatan melalui diversifikasi dan dukungan dan adaptasi kebijakan dan monitoring