;

Abstrak


PENGARUH MEDIA POSTER DAN MINAT MENULIS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI TEMA LINGKUNGAN SISWA SMP ADIWIYATA KABUPATEN ASAHAN SUMATRA UTARA


Oleh :
Nova Yuandani Br Sinaga - S842208008 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Perbedaan keterampilan menulis puisi antara kelompok siswa yang diajar dengan media poster dan kelompok peserta kelompok siswa yang diajar dengan media pembelajaran POCA; 2) Perbedaan keterampilan menulis puisi antara kelompok siswa yang memiliki minat menulis tinggi dan kelompok siswa yang memiliki minat menulis rendah; 3) Interaksi antara media pembelajaran poster dan minat menulis dalam mempengaruhi keterampilan menulis puisi.


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan model faktorial 2x2. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kisaran dan SMP Negeri 7 Kisaran. Pemilihan sumber data menggunakan cluster random sampling dari 352 Siswa kelas SMP Negeri 1 Kisaran sebagai kelompok eksperimen A dan 32 Siswa kelas VIII dari populasi 160 siswa sebagai kelompok eksperimen B di SMP Negeri 7 Kisaran. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis puisi dan angket minat menulis puisi. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan yang memiliki persyaratan data harus normal, homogen, dan independen. 


Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan pengaruh antara keterampilan menulis puisi tema lingkungan siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran poster dan siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran POCA; 2) Terdapat perbedaan pengaruh antara keterampilan menulis puisi tema lingkungan siswa yang memiliki minat menulis tinggi dengan siswa yang memiliki minat menulis rendah; 3) Tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dan minat menulis puisi terhadap keterampilan menulis puisi tema lingkungan siswa.