Abstrak


PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SUKU KATA ANAK AUTIS DI SLB ABC GIRI WIYATA DHARMA WONOGIRI


Oleh :
Aqidah Nada Fauziyah - K5116010 - Fak. KIP

Aqidah Nada Fauziyah. K5116010. Pembimbing I: Drs. Hermawan, M.Si . Pembimbing II: Sugini, S.Pd, M.Pd, PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SUKU KATA ANAK AUTIS DI SLB ABC GIRI WIYATA DHARMA WONOGIRI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca suku kata pada anak autis di SLB ABC Giri Wiyata Dharma Wonogiri. Upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca suku kata menggunakan metode pembelajaran quantum learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakaan kelas (classroom action research). Subyek penelitian adalah siswa autis kelas I di SLB ABC Giri Wiyata Dharma Wonogiri. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca suku kata anak autis dapat ditingkatkan menggunakan metode pembelajaran quantum learning. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari peningkatan proses pembelajaran dan nilai hasil tes evaluasi siswa yang terdiri dari membaca suku kata berpola konsonan vokal (KV), vokal konsonan (VK), konsonan vokal konsonan (KVK), konsonan konsonan vokal (KKV) dan vokal konsonan konsonan (VKK). Skor yang diperoleh subjek LH saat pratindakan adalah 44, lalu meningkat pada siklus I sebesar 72 namun belum mencapai KKTP yang ditetapakn. Hasil siklus II LH memperoleh skor yang melampaui KKTP yang telah ditetapkan yaitu 92. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan kemampuan membaca suku kata anak autis di SLB ABC Giri Wiyata Dharma Wonogiri.