;

Abstrak


PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KOLABORASI PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI SISWA MAN DI SURAKARTA


Oleh :
Mutiara Kusuma A. P - S812202008 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui kegiatan pembelajaran sosiologi pada siswa MAN di Surakarta, 2) untuk mengetahui tingkat kebutuhan multimedia interaktif berbasis android, 3) untuk mengetahui keefektifan dari multimedia interaktif dalam meningkatkan sikap kolaborasi siswa.

Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 dan 2 Surakarta sebagai penelitian pengembangan model ADDIE melalui lima tahapan yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan studi literatur. Teknis analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran di MAN Surakarta masih didominasi menggunakan LCD proyektor, media papan tulis, serta modul cetak untuk belajar siswa, 2) hasil analisis sikap kolaborasi siswa masih tergolong sedang dengan persentase 60%. Hasil analisis kebutuhan diperlukan multimedia interaktif yang mampu meningkatkan sikap kolaborasi siswa. Pengembangan produk dengan desain ADDIE yaitu Analyze dengan melakukan analisis kebutuhan. Berikutnya Design, penyusunan konsep dari segi materi dan media. Development yaitu menyusun produk awal, modul ajar, serta instrumen penelitian, melakukan validasi, dan uji coba. Berikutnya Implementation dengan uji keefektifan media. Terakhir Evaluation dengan evaluasi formatif dan sumatif dari tahapan ADDIE dan menghasilkan produk akhir. Pada hasil uji validasi ahli materi memperoleh skor 98,75?n dinyatakan sangat layak. Penilaian ahli media memperoleh skor 93% dinyatakan sangat layak. Terakhir penilaian ahli instrumen memperoleh skor 100?n dinyatakan sangat layak. Hasil uji coba menunjukkan bahwa multimedia interaktif termasuk dalam kategori sangat baik, 3) melalui uji keefektifan menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis android efektif untuk meningkatkan sikap kolaborasi. Berdasarkan angket sikap kolaborasi diperoleh nilai sig sebesar 0,000 lebih rendah dari probabilitas 0,05 yaitu 4,582 dan 3,148. Terakhir, hasil uji N-gain test menunjukkan media efektif meningkatkan sikap kolaborasi siswa sebesar 0,47 dalam kategori sedang.