Abstrak


Strategi Pemanfaatan Google Location for Business Terhadap Pengembangan UMKM


Oleh :
Rafi Adira - V1621076 - Sekolah Vokasi

Perkembangan teknologi di masa sekarang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan kita sehari-hari, bahkan sampai hal yang paling dasar dari kehidupan yaitu membeli makanan, minuman, dan kebutuhan lainnya. Perkembangan teknologi ini tentunya juga memberi peluang besar bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya. Salah satu bentuk perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah Google My Business, platform ini merupakan platform yang dapat membantu UMKM dalam memperkenalkan produk dan layanan, platform ini juga dapat meningkatkan visibilitas dan juga potensial pelanggan secara lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemanfaatan Google Location for Business terhadap pengembangan UMKM beserta kendala dan solusinya.

Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian adalah UMKM dan juga konsumen yang terlibat dalam pemanfaatan Google My Business. Jenis dan sumber data yang dihasilkan terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka untuk mengetahui strategi pemanfaatan Google Location for Business terhadap pengembangan UMKM dengan kendala yang ada dan solusi yang bisa dilakukan terhadap kendala tersebut. Metode pembahasan yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menerapkan strategi pemanfaatan Google Location for Business terhadap pengembangan UMKM, pemilik dan juga pengelola UMKM harus memperhatikan Teori The Circular Model of Some untuk pengelolaan dan optimasi pada akun Google My Business. Strategi ini terdiri dari Tahap Berbagi (Share), Tahap Mengoptimalkan (Optimize), Tahap Mengatur (Manage), dan Tahap Pelibatan (Engage). Keempat tahapan tersebut memiliki kekuatan yang memungkinkan pemilik dan pengelola UMKM untuk melakukan pengembangan dengan strategi yang solid.

Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa banyak dari pemilik UMKM yang telah memanfaatkan Google My Business untuk pengembangan usaha mereka, namun masih belum memperhatikan strategi yang tepat dalam pemanfaatannya atau bahkan masih mengalami kendala dalam proses penggunaannya. Oleh sebab itu, diharapkan pemilik UMKM dapat menerapkan strategi dan juga solusi yang tepat ke dalam proses pemanfaatannya.