;

Abstrak


Aplikasi Information Motivation Behavior Skill Model Pada Perilaku Ibu Dalam Pengasuhan Perkembangan Anak Balita di Kabupaten Sleman Yogyakarta


Oleh :
Anisah Firdaus - S022302009 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK
Latar belakang: Anak balita (usia 0-5 tahun) merupakan periode emas dalam perkembangan manusia. Pada periode ini, terjadi perkembangan yang pesat dalam berbagai aspek, seperti fisik, kognitif, bahasa, sosial, dan emosional. Perilaku ibu dalam memberikan stimulasi dan pengasuhan dapat memengaruhi perkembangan anak balita. penelitian ini berfokus pada analisis pengaruh aplikasi Information Motivation Behavior Skill Model pada perilaku ibu untuk perkembangan anak balita.
Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional yang dilakukan di 25 posyandu di Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada bulan April hingga Mei 2024. Sampel terdiri dari 200 ibu balita usia 24-60 bulan yang dipilih dengan metode simple random sampling. Variabel dependen pada penelitian ini adalah perilaku ibu dalam pengasuhan perkembangan anak balita. Variabel independen adalah informasi/pengetahuan ibu, motivasi ibu, behavior skill ibu, pendapatan ibu. Pegumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner. Data analisis menggunakan analisis jalur. 
Hasil: hasil analisis jalur penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku ibu dalam pengasuhan perkembangan anak balita berhubungan positif dengan keterampilan perilaku yang baik (OR= 1.22; CI 95%= 0.70-0.80; p< 0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>0.05); RMSEA= 0.06 (<0 xss=removed>0.90); TLI= 0.97).
Kesimpulan: Perilaku ibu dalam pengasuhan perkembangan anak balita dipengaruhi secara langsung oleh keterampilan perilaku ibu, informasi/pengetahuan ibu, pendapatan ibu. Perilaku ibu dalam pengasuhan perkembangan anak balita dipengaruhi secara tidak langsung oleh informasi terhadap perilaku ibu melalui behavior skill ibu serta motivasi ibu terhadap perilaku ibu melalui behavior skill ibu. Dengan demikian Information Motivation Behavior Skill Model dapat digunakan untuk peningkatan perilaku ibu dalam pengasuhan perkembangan anak balita.