Abstrak


STRATEGI MARKETING MIX 7P PADA KREDIT PENSIUN DI BANK WOORI SAUDARA KCP KARANGANYAR


Oleh :
Septi Wanda Kartika - V1721066 - Sekolah Vokasi

Strategi pemasaran sangat dibutuhkan untuk keberhasilan suatu perusahaan dalam berbagai kegiatan industri jasa keuangan. Strategi pemasaran dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan keunggulan bersaing suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi marketing mix 7P pada kredit pensiun yang dilakukan oleh Bank Woori Saudara KCP Karanganyar dan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi marketing mix 7P.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data bersumber dari teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penulis melakukan observasi dengan mengamati secara langsung kegiatan yang berhubungan dengan strategi marketing mix 7P pada kredit pensiun seperti produk kredit pensiun, alur proses,  dan lokasi. Teknik wawancara dilakukan dengan mewawancarai pegawai dengan staff relationship officer dan staff back office/customer service Bank Woori Saudara KCP Karanganyar.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Bank Woori Saudara KCP Karanganyar menerapkan strategi marketing mix 7P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) dalam memasarkan produknya dan agar dapat membantu pencapaian target dalam penyaluran kredit yang ditetapkan dan untuk mempertahankan loyalitas nasabah. Hal tersebut didukung dengan dua faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan eksternal