Abstrak


Pengaruh Senam Aerobik Mix Impact Terhadap Daya Tahan Kardiovaskular Pada Mahasiswa Pembinaan Prestasi Senam Aerobik Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Tahun 2023


Oleh :
Septia Putri Afghanis - O0120112 - Fak. Keolahragaan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ada tidaknya pengaruh latihan Senam Aerobik Mix Impact terhadap daya tahan kardiovaskular pada mahasiswa PP Senam Aerobik di FKOR UNS tahun 2023, (2) Berapa besar pengaruh Senam Aerobik Mix Impact terhadap daya tahan kardiovaskular pada mahasiswa PP Senam Aerobik FKOR UNS tahun 2023.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain  ”One Group Pretest-Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PP Senam Aerobik FKOR UNS tahun 2023. teknik sampling  menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu: (1) Merupakan mahasiswa FKOR UNS yang tergabung dalam pembinaan prestasi senam aerobik FKOR UNS tahun 2023, (b) Aktif dalam pembinaan prestasi senam aerobik FKOR UNS tahun 2023. berdasarkan kriteria tersebut peneliti mengambil 20 mahasiswa pembinaan prestasi. Intrumen tes menggunak MFT (Multistage Fitness Test) / (Bleep Test).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh senam aerobik mix impact terhadap daya tahan kardiovaskular pada mahasiswa PP Senam Aerobik FKOR UNS tahun 2023 dengan nilai signifikan 0.000 < 0>

Jadi berdasarkan hasil penelitian data yang telah dilakukan dapat diperoleh kesimpulan yaitu, ada pengaruh senam aerobik mix impact terhadap daya tahan kardiovaskur pada mahasiswa PP Senam Aertobik FKOR UNS Tahun 2023 dan latihan senam aerobik mix impact memiliki pengaruh yang besar terhadap daya tahan kardiovaskular pada mahasiswa PP senam aerobik FKOR UNS Tahun 2023.