Abstrak


IDENTIFIKASI DAN PENANGANAN CEDARA AKTIVITAS SEHARI - HARI PADA LANSIA KLUB SENAM JANTUNG SEHAT RS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2023


Oleh :
Sayed Wagearso - K4617109 - Fak. Keolahragaan

Sayed Wagearso. K4617109. IDENTIFIKASI DAN PENANGANAN CEDARA AKTIVITAS SEHARI - HARI PADA LANSIA KLUB SENAM JANTUNG SEHAT RS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2023, Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis cedera yang sering dialami oleh lansia dan cara penanganan cedera yang dialami oleh lansia Klub Senam Jantung Sehat RS PKU Muhammadiyah Surakarta..

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anggota Klub Senam Jantung Sehat RS PKU Muhammadiyah Surakarta yang berusia 60 tahun keatas yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji data dibantu dengan menggunakan program Microsoft Excel.

Berdasarkan hasil analisis data, dapat dijelaskan hal-hal sebagai berikut: (1) Variabel cedera yang pernah terjadi sebanyak 71.18%. (2) Variabel penyebab cedera sebanyak 42,35%. (3) Variabel penanganan cedera sebanayak 74.12%.

Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa anggota lansia Klub Senam Jantung Sehat RS PKU Muhammadiyah Surakarta pada variabel jenis cedera yang sering terjadi pada aktivitas sehari-hari dan mampu menangani cedera tersebut secara mandiri ataupun berkonsultasi dengan dokter.

Kata kunci: Cedera aktivitas sehari-hari, lansia dan senam jantung sehat.