Abstrak


Hubungan antara Citra Tubuh dan Self-esteem dengan Preferensi Childfree By Choice


Oleh :
Kirani Raudhahtul Jannah - R0420034 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK


HUBUNGAN ANTARA CITRA TUBUH DAN SELF-ESTEEM TERHADAP PREFERENSI CHILDFREE BY CHOICE

Kirani Rudhahtul Jannah1); Niken Bayu Argaheni1); Iffah Indri Kusmawati1); Noviyati Rahardjo Putri1); Ika Sumiyarsi Sukamto1)

Program Studi Kebidanan; Fakultas Kedokteran; Universitas Sebelas Maret

Jl. Ir Sutami No. 36 ; Kentingan ; Jebres ; Surakarta

 

Corresponding Author : nikenbayuargaheni@staff.uns.ac.id.

 

Latar Belakang : Childfree merupakan fenomena baru yang tengah berkambang dikalangan generasi Z. Childfree adalah pandangan hidup dimana seseorang untuk tidak memiliki anak baik secara biologis maupun adopsi yang berdampak pada turunnya angka kelahiran. Angka kelahiran total (TFR) di Indonesia juga mengalami penurunan sebanyak 30.64% selama tahun 1990 hingga 2022. Salah satu faktor yang melatarbelakangi seseorang memilih childfree adalah akibat isu kesetaraan gender yang menjadikan perempuan memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan karir. Citra tubuh dan self-esteem merupakan aspek yang memegang peranan penting dalam menunjang karir perempuan.

Tujuan : Mengetahui hubungan antara citra tubuh dan self-esteem terhadap preferensi childfree by choice pada mahasiswi Program Studi Usaha Perjalanan Wisata Universitas Sebelas Maret.

Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan instrumen penelitian berupa kuisioner Multidimentional Body Self Relations Questionnare – Appearance Scale (MBSRQ-AS) dan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES). Populasi yang digunakan adalah mahasiswi aktif Usaha Perjalanan Wisata dengan sampel sebanyak 100 mahasiswi yang dipilih menggunakan teknik sampling berupa random sampling.

Hasil Penelitian : Mayoritas mahasiswi memiliki citra tubuh yang positif dan self-esteem yang tinggi serta memiliki preferensi untuk childfree dimasa mendatang. Terhadap hubungan signifikan antara citra tubuh dan self-esteem terhadap preferensi childfree by choice. Citra tubuh memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap preferensi childfree by choice pada mahasiswi.

Kesimpulan : Ada hubungan antara citra tubuh dan self-esteem terhadap preferensi childfree by choice.

 

Kata kunci : citra tubuh, self-esteem, childfree, karir.