Abstrak


PENGARUH GERAKAN STRETCHING TERHADAP PENURUNAN KELUHAN LOW BACK PAIN PADA OPERATOR CRANE TPSM


Oleh :
Arya Wisnu Raharjo - R0220024 - Sekolah Vokasi

Arya Wisnu Raharjo, R0220024, 2024. Pengaruh Gerakan Stretching terhadap Keluhan Low Back Pain pada Operator Crane TPSM, Semarang, Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.  


Latar Belakang: salah satu masalah yang sering dialami operator crane dalam mengoperasikan crane karena beban kerja statis dan duduk terlalu lama selama 8 jam adalah low back pain. Upaya penanganan low back pain yang paling efektif dan efisien dengan melakukan gerakan stretching untuk merelaksasikan otot. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gerakan stretching terhadap penurunan keluhan low back pain pada operator crane TPSM.  


Metode: penelitian ini adalah penelitian quasy-experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh operator crane berjumlah 64. Responden diambil dari pekerja operator crane TPSM sejumlah 60 orang dengan teknik simple random sampling. Kelompok eksperimen (n-30) dilakukan intervensi gerakan stretching, kelompok kontrol (n=30) tidak dilakukan intervensi. Pengambilan data keluhan low back pain menggunakan alat ukur The Pain and Distress Scale. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon untuk menguji dua kelompok berpasangan, dan uji Man-whitney untuk menguji 2 kelompok tidak berpasangan.  

 

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan keluhan low back pain pada kelompok eksperimen signifikan p <0>low back pain pada kelompok kontrol tidak signifikan p 0.077 (p>0.05). Keluhan low back pain antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol signifikan p 0.027 (p<0>

Simpulan: Terdapat pengaruh gerakan stretching terhadap keluhan low back pain pada operator crane TPSM.