Abstrak


Peran Editor pada Produksi Iklan Komersial Coffee Shop Muraco


Oleh :
Azizah Hanan Sabrina - V1121025 - Sekolah Vokasi

Iklan merupakan suatu hal yang penting dalam memasarkan produk maupun jasa. Setiap perusahaan memerlukan branding yang bertujuan untuk membantu mengenalkan produk kepada pelanggan serta menjadi strategi dalam bersaing dengan kompetitor. Dalam industri yang semakin kompetitif, iklan yang efektif menjadi kunci untuk menarik perhatian konsumen dan membangun identitas merek.

Tugas akhir ini berisi tentang peran editor pada produksi iklan komersial coffee shop Muraco. Dalam iklan komersial ini, Muraco mengusung urban activity atau kehidupan masyarakat di perkotaan dengan konsep bahwa “setiap tempat memiliki cerita”. Dengan tagline “Rasakan kenikmatan di setiap sudut ruang dan waktu” ini menekankan pengalaman untuk menikmati kopi di coffee shop Muraco dan dapat diminum kapan saja karena Muraco juga memiliki kopi kemasan kaleng.

Dalam pembuatan iklan, tentunya melibatkan berbagai pihak seperti Director, Copywriter, camera person, dan editor. Penulis sebagai editor memiliki tanggung jawab dalam proses akhir yaitu pasca produksi. Selain itu, editor juga memiliki peran yang sangat krusial dalam menyampaikan pesan yang tepat, karena akan menentukan baik atau buruknya kualitas dari hasil iklan yang akan ditampilkan.