Abstrak


PENGARUH POLA PIKIR KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 KLATEN


Oleh :
Arifah Listyarini - K7717011 - Fak. KIP

Arifah Listyarini. K7717011. Pembimbing I: Prof. Dr. Siswandari, M. Stats. PENGARUH POLA PIKIR KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 KLATEN. 

Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang (1) Pengaruh pola pikir kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa akuntansi dan keuangan lembaga di SMK Negeri 4 Klaten; (2) Pengaruh lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha siswa akuntansi dan keuangan lembaga di SMK Negeri 4 Klaten; (3) Pengaruh pola pikir kewirausahaan dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha siswa akuntansi dan keuangan lembaga di SMK Negeri 4 Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa akuntansi dan keuangan lembaga di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Klaten kelas X, XI dan XII yang masing-masing terdapat 3 kelas dengan total keseluruhan 316 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 176 siswa dengan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel berstrata proporsional (proportionate stratified random sampling). Pengumpulan data dilaksanakan dengan kuesioner melalui google form. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh signifikan pola pikir kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. Hal ini dibuktikan pada diperolehnya nilai t hitung > t tabel yaitu 11.620 > 1,984 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 dan koefisien regresi memiliki nilai positif sebesar 0.715. Kedua, terdapat pengaruh signifikan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha siswa. Hal ini dibuktikan pada diperolehnya nilai t hitung > t tabel yaitu 2.316 > 1,984 dengan nilai signifikansi sebesar 0.022 dan koefisien regresi memiliki nilai positif sebesar 0.139. Ketiga, pola pikir kewirausahaan dan lingkungan sosial secara bersama-sama mempuyai berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa. Hal ini dibuktikan pada diperolehnya nilai F hitung > F tabel yaitu 96.605 > 3.18 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Model hubungan dari ketiga variabel tersebut adalah Y = 0.759 + 0.715 X1 + 0.139 X2. Model ini signifikan secara statistik.