Abstrak


Pengaruh Senam Mata terhadap Keluhan Subjektif Kelelahan Mata pada Pekerja Finishing PT. Asia Cakra Ceria Plastik Surakarta


Oleh :
Sifa Luffiah Oktaviani - R0220114 - Sekolah Vokasi

Sifa Lutfiah Oktaviani, R0220114, 2024.  Pengaruh Senam Mata terhadap Keluhan Subjektif Kelelahan Mata pada Pekerja Finishing PT. Asia Cakra Ceria Plastik Surakarta, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekola Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

 

Latar Belakang : Aktivitas pekerjaan pekerja finishing di PT. Asia Cakra Ceria Plastik merupakan kegiatan yang menggunakan ketajaman mata secara terus menerus yang dapat menyebabkan terjadinya kelelahan mata. Salah satu cara mengendalikan kelelahan mata adalah dengan melakukan senam mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam mata terhadap keluhan subjektif kelelahan mata pada pekerja finishing.

 

Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental kuasi dengan rancangan interrupted time series with control group design. Responden penelitian pekerja finishing dengan populasi berjumlah 93 pekerja. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan total sampling sebanyak 76 pekerja. Penelitian ini menggunakan kuesioner visual fatigue index (VFI) untuk mengukur keluhan subjektif kelelahan mata. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Repeated Measures Anova dan Uji Independent T-test.

 

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan skor keluhan subjektif kelelahan mata pada kelompok eksperimen yang melakukan senam mata mengalami penurunan sebesar 1,197 dalam waktu tiga hari dan 4,658 dalam waktu enam hari. Skor kelelahan mata pada kelompok eksperimen 5,82 % lebih rendah dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil uji statistik menunjukkan nilai p = 0,001 (p-value < 0>

 

Simpulan : Kelompok eksperimen mengalami penurunan skor kelelahan mata setelah melakukan latihan senam mata, sedangkan kelompok kontrol tidak menunjukkan perubahan skor kelelahan mata karena tidak mengikuti latihan senam mata.