Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Perubahan Sosial Budaya Kelas VI SDN Lemahbang


Oleh :
Salma Maimun Aqila - K7120239 - Fak. KIP

Salma Maimun Aqila. K7120239. Pembimbing I : Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Supianto, M.Pd. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA KELAS VI SDN LEMAHBANG”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2024.

Penelitian ini untuk bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi perubahan sosial budaya kelas VI SDN Lemahbang melalui model pembelajaran Quantum Learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data penelitian ini meliputi proses pembelajaran kelas VI, guru kelas dan peserta didik kelas VI dan dokumen.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan memiliki 4 langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Penggunaan tringulasi data dan tringulasi metode digunakan dalam teknik uji validitas data untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian.  Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dengan prosedur Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Indikator penelitian diukur dengan persentase keberhasilan pemahaman sebesar >80% atau 12 dari 15 peserta didik kelas VI SD Negeri Lemahbang mendapatkan skor diatas 70. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil tes awal sebelum tindakan (pratindakan) yaitu 52 dengan ketuntasan klasikal 13,33%. Siklus I nilai rata-rata kelas meningkat mencapai 67 dengan ketuntasan klasikal 46,67%. Siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan klasikal 86,6%. Hasil penelitian menujukkan skor pemahaman pada pratindakan 49,3 siklus 1 mendapatkan 64,34 dan siklus 2 memperoleh 80,56. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Quantum Learning meningkatkan pemahaman peserta didik dalam memahami materi Perubahan Sosial Budaya  kelas VI SDN Lemahbang, Desa Teter, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2023/2024.