Abstrak


Hubungan Persepsi Masyarakat tentang Fungsi Ruang Terbuka Hijau dengan Partisipasinya dalam Penyediaan Ruang Terbuka Hijau di Kecamatan Serengan, Kota Surakarta Tahun 2023


Oleh :
Annisa Fajar Cahyani - K5419009 - Fak. KIP

Annisa Fajar Cahyani. K5419009. Pembimbing I : Dr. Sarwono, M.Pd. Pembimbing II : Setya Nugraha, S.Si., M.Si. Hubungan Persepsi Masyarakat tentang Fungsi Ruang Terbuka Hijau dengan Partisipasinya dalam Penyediaan Ruang Terbuka Hijau di Kecamatan Serengan Kota Surakarta Tahun 2023. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2024.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat persepsi masyarakat tentang fungsi ruang terbuka hijau, (2) Untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam penyediaan ruang terbuka hijau, dan (3) Untuk mengetahui hubungan persepsi masyarakat tentang fungsi ruang terbuka hijau dengan partisipasinya dalam penyediaan ruang terbuka hijau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Penelitian ini dilakukan di tiga kelurahan yaitu Kelurahan Serengan, Kelurahan Danukusuman dan Kelurahan Joyotakan. Populasi dalam penelitian ini adalah KK yang terdapat di Kecamatan Serengan. Sampel dalam Penelitian ini dihitung dengan rumus slovin sebesar 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi sederhana dan korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian pada variabel X (Persepsi Masyarakat tentang Fungsi RTH) diperoleh tingkat persepsi masyarakat Kecamatan Serengan yaitu sedang 3% (3 responden) dan baik 97% (97 responden). Pada variabel Y (Partisipasi Masyarakat dalam Penyediaan RTH) diperoleh tingkat partisipasi masyarakat Kecamatan Serengan yaitu rendah 61% (61 responden), sedang 28% (28 responden) dan tinggi 11% (11 responden). Perhitungan uji korelasi spearman rank diperoleh nilai sig 0,049 dan nilai koefisien 0,197, artinya variabel X (Persepsi Masyarakat tentang Fungsi RTH) memiliki hubungan signifikan dengan variabel Y (Partisipasi Masyarakat dalam Penyediaan RTH) dengan kekuatan hubungan sangat lemah. Sedangkan hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa variabel X tidak memiliki pengaruh terhadap variabel Y dikarenakan nilai sig 0,086 lebih dari 0,05. Hasil uji chi square juga menunjukkan bahwa variabel X tidak berhubungan dengan variabel Y dikarenakan nilai sig 0,372 lebih dari 0,05 dan koefiesien korelasi sangat rendah sebesar 0,139. Dalam hal ini variabel X bukan menjadi faktor paling utama yang memengaruhi variabel Y. Terdapat faktor-faktor lain yang berkaitan atau memengaruhi partisipasi dalam penyediaan RTH.