Abstrak


PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN DRILL MENGGUNAKAN RAKET BEBAN DAN RAKET STANDAR TERHADAP KETERAMPILAN FOREHAND SMASH BULUTANGKIS


Oleh :
Nathania Azarine Rosyada - O0120093 - Fak. Keolahragaan

     Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh metode drill dengan menggunakan raket beban dan raket standar terhadap keterampilan forehand smash pada atlet putra usia 11-13 tahun PB. Satria Slawi, (2) Mengetahui manakah yang lebih baik antara metode latihan drill menggunakan raket beban dan raket standar terhadap keterampilan forehand smash pada atlet putra usia 11-13 tahun PB. Satria Slawi.

     Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan selama 18 pertemuan atau 6 minggu dengan pertemuan tiga kali dalam seminggu. Sebelum dilakukan treatment dilakukan terlebih dahulu pre-test setelah selesai treatment selama 18 pertemuan di akhiri dengan pengambilan post-test. Sampel penelitian ini adalah atlet PB. Satria Slawi yang terdiri dari 10 atlet putra usia 11-13 tahun. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes keterampilan forehand smash. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t taraf signifikansi 5%.

      Berlandaskan hasil penelitian dari analisis data yang diperoleh: (1) Terdapat pengaruh metode latihan drill menggunakan raket beban terhadap keterampilan forehand smash atlet putra usia 11-13 tahun PB. Satria Slawi yang dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 13.898 > t tabel 2.776 dan nilai sig. (2 -tailed) 0.000 < nilai>drill menggunakan raket standar terhadap keterampilan pukulan forehand smash atlet usia 11-13 tahun PB. Satria Slawi yang dibuktikan dari nilai t hitung 3.919 > t tabel 2.776 dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < nilai>drill menggunakan raket beban lebih baik pengaruhnya dibanding metode latihan drill menggunakan raket standar yang dibuktikan dari rata-rata peningkatan kelompok latihan drill menggunakan raket beban sebesar 16,1% > kelompok latihan drill menggunakan raket standar sebesar 11,9%. Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

     Berdasarkan analisis tersebut, dapat ditarik kesimpulan terdapat perbedaan pengaruh metode latihan drill menggunakan raket beban dan raket standar terhadap keterampilan pukulan forehand smash.