Abstrak


UNSUR MITOS DALAM TRADISI COK BAKAL MASYARAKAT DI DESA BANJAREJO - NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI(PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA)


Oleh :
Dina Septiani - B0120017 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK

Dina Septiani. B0120017. 2024. Unsur Mitos dalam Tradisi Cok Bakal Masyarakat di Desa Banjarejo – Ngadiluwih Kabupaten Kediri (Tinjauan Sosiologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah struktur tradisi cok bakal masyarakat di Desa Banjarejo – Ngadiluwih Kabupaten Kediri?; (2) Bagaimanakah konsep makna simbolik yang terdapat dalam tradisi cok bakal masyarakat di Desa Banjarejo – Ngadiluwih Kabupatten Kediri?; (3) Bagaimanakah perkembangan mitos dalam tradisi cok bakal masyarakat di Desa Banjarejo – Ngadiluwih Kabupaten Kediri saat ini?: dan (4) Bagaimanakah nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi cok bakal masyarakat di Desa Banjarejo – Ngadiluwih Kabupaten Kediri menurut Yus Rusyana?.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan struktur tradisi cok bakal masyarakat di Desa Banjarejo – Ngadiluwih Kabupaten Kediri; (2) Mendeskripsikan konsep makna simbolik yang terdapat dalam tradisi cok bakal masyarakat di Desa Banjarejo – Ngadiluwih Kabupaten Kediri; (3) Mendeskripsikan perkembangan mitos dalam tradisi cok bakal masyarakat di Desa Banjarejo – Ngadiluwih Kabupaten Kediri saat ini; dan (4) Memaparkan nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi cok bakal masyarakat di Desa Banjarejo – Ngadiluwih Kabupaten Kediri.

Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian sastra kualitatif deskriptif. Sumber data berupa informan, peristiwa, dokumentasi, serta hasil penelitian yang berhubungan dengan mitos tradisi cok bakal. Data dalam penelitian ini berupa informasi yang didapatkan dari hasil wawancara dengan informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data penelitian menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode.

Simpulan penelitian ini adalah: (1) Struktur tradisi cok bakal adalah suatu elemen atau susunan yang ada dalam tradisi yang saling memengaruhi dan melengkapi. Struktur tradisi cok bakal adalah bahasa, agama, makanan, kebiasaan sosial, serta musik dan seni; (2) Setiap elemen di dalam tradisi cok bakal ini memiliki makna tersendiri dan memiliki makna yang mendalam, dengan berisikan nasihat atau sebagai pelajaran hidup; (3) Dari hasil penelitian mengenai perkembangan tradisi tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa tradisi adat cok bakal ini masih bisa dilakukan dan diterapkan, tergantung dari masing-masing pribadi yang masih percaya atau tidak dengan tradisi ini; dan (4) Nilai merupakan sesuatu yang menarik bagi kita, sesuatu yang kita cari, sesuatu yang menyenangkan, sesuatu yang disukai dan diinginkan, singkatnya sesuatu yang baik. Dalam penelitian mengandung beberapa nilai, seperti nilai moral, nilai sosial, nilai estetika, dan nilai religius.