Abstrak


Pengaruh Media Body Mapping Terhadap Kemampuan Mengenal Tubuh Pada Siswa Tunarungu Kelas IV di SLB YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025


Oleh :
Khalishah Nawwar Ariesta Putri - K5120040 - Fak. KIP

Khalishah Nawwar Ariesta Putri. K5120040. Pembimbing I: Erma Kumala Sari, S.Psi., M.Psi. Psi. Pembimbing II: Tias Martika M.Pd. PENGARUH MEDIA BODY MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL TUBUH PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IV DI SLB YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2024.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media body mapping terhadap kemampuan mengenal anggota tubuh pada siswa tunarungu kelas IV di SLB YRTRW Surakarta tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SLB YRTRW Surakarta yang berjumlah 11 siswa tunarungu. Teknik pengumpulan data ini menggunakan tes tindakan. Teknik validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas isi yang dihitung menggunakan rumus Aiken’s V. Uji reliabilitas pada penelitian ini menggunakan reliabilitas interrater dengan menggunakan perhitungan Interclass Correlation Coefisien (ICC). Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan uji non-parametrik berupa Wilcoxon Sign Rank Test dan diolah menggunakan SPSS versi 25. Rata-rata nilai pretest adalah 54.92, sedangkan nilai posttest adalah 82.12. Artinya nilai posttest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa perolehan nilai Z hitung -2.934 dan Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.003 dengan taraf signifikansi (α) 0.05. Berdasarkan data tersebut, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, media body mapping berpengaruh terhadap kemampuan mengenal anggota tubuh pada siswa tunarungu kelas IV di SLB YRTRW Surakarta tahun ajaran 2024/2025.