Abstrak


Penggunaan Aplikasi Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (SAKPOLE) dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Tahunan di SAMSAT Surakarta


Oleh :
Annisaa' Milenia Oktaviani - K7517006 - Fak. KIP

Annisaa’ Milenia Oktaviani. PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM ADMINISTRASI KENDARAAN PAJAK ONLINE (SAKPOLE) DALAM PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) TAHUNAN DI SAMSAT SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Januari 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penggunaan aplikasi Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (SAKPOLE) dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Surakarta; 2) mengetahui kendala penggunaan aplikasi Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (SAKPOLE) dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Surakarta; 3) mengetahui solusi dari kendala penggunaan aplikasi Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (SAKPOLE) dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kantor Bersama SAMSAT Surakata yang beralamat di Jalan Prof. Dr. Soeharso No. 17, Jajar, Laweyan, Surakarta. Data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi, serta analisis dokumen dan arsip. Validitas data diperoleh dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (SAKPOLE) dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Surakarta meliputi: (1) meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, (2) mengurangi penggunaan biro jasa, (3) menambah pendapatan dalam pembayaran pajak, dan (4) mempercepat pelayanan pembayaran pajak. Kendala penggunaan aplikasi Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (SAKPOLE) meliputi: (1) penggunaan aplikasi yang dianggap rumit, (2) wajib pajak yang kurang paham teknologi, (3) data kepemilikan kendaraan bermotor yang belum terdaftar di aplikasi, dan (4) jaringan internet yang tidak stabil. Adapun solusi dari kendala penggunaan aplikasi Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (SAKPOLE) meliputi: (1) melakukan sosialisasi mengenai penggunaan aplikasi SAKPOLE, (2) melakukan update data melalui whatsapp SAKPOLE, dan (3) memberikan pemahaman kepada wajib pajak mengenai jaringan internet.