Abstrak


Pengetahuan tentang sindrom klimakterium pada wanita usia 40-60 tahun di desa Mudal Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali


Oleh :
Herdini Widyaning Pertiwi - - Fak. Kedokteran

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran Pengetahuan Wanita usia 40 – 60 tahun Mengenai Sindrom Klimakterium di Desa Mudal Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali.

Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel secara purposive sampling. Dengan mengambil sampel sebanyak 90 orang wanita yang berusia 40 – 60 tahun di Desa Mudal Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa kuesioner.

Data yang dikumpulkan disajikan dalam bentuk tabel, kemudian diolah dengan menggunakan perhitungan prosentase untuk setiap alternatif jawaban per item pertanyaan (P), caranya yaitu dengan membagi frekwensi jawaban (F) dengan jumlah skor seluruh item soal (n) dan di kalikan 100 % dengan rumus: P = f / n X 100 %.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita di Desa Mudal yang berusia 40 – 60 tahun, 54 % memiliki pengetahuan yang tinggi tentang perubahan fisik sindrom klimakterium, 69 % memiliki pengetahuan yang tinggi tentang perubahan psikologis sindrom klimakterium dan 57% memiliki pengetahuan yang tinggi tentang perubahan fisik dan psikologis sindrom klimakterium. 51,25% wanita yang berusia 40-50 tahun memiliki pengetahuan yang tinggi tentang sindrom klimakterium dan wanita usia 51-60 tahun,100% memiliki pengetahuan yang tinggi tentang sindrom klimakterium. Ibu Rumah Tangga 21,11% memilki pengetahuan yang tinggi tentang sindrom klimakterium. Ibu yang berpendidikan SMA 23,33% memiliki pengetahuan yang tinggi tentang sindrom klimakterium.