Abstrak


Hubungan antara tingkat kecemasan dengan siklus haid pada mahasiswi D IV Kebidanan di Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Ryanti Zulhita - - Fak. Kedokteran

ABSTRAK Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dengan siklus haid pada mahasisiwi D IV kebidanan di Universitas Sebelas Maret.

Kecemasan merupakan ketegangan, rasa tidak aman dan kekhawatiran yang timbul karena dirasakan akan terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan, tetapi sebagian besar tidak diketahui dan manifestasi kecemasan dapat melibatkan somatik dan psikologik. Meski demikian manifestasi klinik dapat berbeda-beda demikian pula penatalaksanaan terapinya.

Penelitian ini merupakan peneitian analitik dengan pendekatan cross sectional untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dengan siklus haid pada mahasisiwi D IV kebidanan di Universitas Sebelas Maret.

Subyek peneliti adalah mahasiswi D IV kebidanan reguler tahun akademik 2006/2007 yang diambil secara total sampling, sejumlah 59 mahasiswi yang memenuhi kreteria.
Instrumen yang dipakai adalah instrumen HRS-A untuk mengukur tingkat kecemasan dan kuesioner siklus haid untuk mengetahui normal atau tidaknya siklus haid. Uji statistik yang digunakan adalah uji statistik chi square.

Dari hasil penelitian didapat X2 hitung = 35,10 lebih besar dari X2 tabel yaitu 5,991 dengan taraf signifikasi 0,05 dan derajat kebebasan (db) 2. Sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat hubungan yang bermakna secara statistik pada tingkat kecemasan dengan siklus haid pada mahasisiwi D IV kebidanan reguler tahun akademik 2006/2007 di Universitas Sebelas Maret.