Abstrak


Hubungan pengetahuan persalinan dengan kesiapan menghadapi persalinan pada primigravida


Oleh :
Mira Andriyani - R1106013 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK Persalinan merupakan titik kulminasi tertinggi dari kehamilan, yaitu titik tertinggi dari seluruh persiapan yang dilakukan serta saat yang dinantikan oleh ibu hamil untuk melihat dan memeluk bayinya. Namun disisi lain persalinan bisa mengalami penyimpangan yang dapat berakibat buruk pada ibu maupun bayinya dengan meningkatnya morbiditas dan mortalitas. Setiap ibu hamil mengharapkan kelahiran yang lancar, khususnya pada primigravida. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari hubungan pengetahuan persalinan dengan kesiapan menghadapi persalinan pada primigravida di Rumah Bersalin Citra Prasasti Sukoharjo.

Desain dalam penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel secara purposive sampling, dengan perhitungan jumlah sampel menggunakan tabel Krecjie dan didapatkan 48 sampel. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas.

Uji statistik chi squre menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan persalinan dengan kesiapan menghadapi persalinan pada primigravida (p = 0,001). Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pengetahuan tentang persalinan akan menentukan kesiapan ibu hamil dalam menghadapi persalinan. Primigravida yang mempunyai pengetahuan baik tentang persalinan, akan lebih siap dalam menghadapi persalinan.