Abstrak


Pengaruh Suplementasi Zat Besi dengan Penambahan Vitamin C terhadap Kenaikan Kadar Hb pada Ibu Hamil Trimester III


Oleh :
Nurrositawati Alviani - - Fak. Kedokteran

ABSTRAK Di Puskesmas Majegan masih ada ibu hamil yang menderita anemia ringan, kurang lebih 50,2%. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut maka diambil tindakan dengan memberikan suplementasi tablet besi. Pemberian tablet besi pada ibu hamil tidak semuanya disertai dengan penambahan vitamin C (terdapat 12,2%), padahal vitamin C dapat mengabsorbsi besi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian zat besi dengan penambahan vitamin C terhadap kenaikan kadar Hb pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Majegan Tulung Klaten.
Rancangan penelitian berupa eksperimen semu dengan sampel sebanyak 30 orang ibu hamil. Pada penelitian ini sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok pembanding. Kelompok eksperimen mendapat tablet besi (sulfat eksikatus 200 mg, asam folat 0,25 mg) dan vitamin C 50 mg sekali sehari masing-masing 1 tablet selama 90 hari dan kelompok pembanding mendapat tablet besi saja sekali sehari satu tablet selama 90 hari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada terjadi peningkatan rata-rata kadar Hb baik pada kelompok eksperimen maupun pada kelompok pembanding. Rata-rata peningkatan kadar Hb pada kelompok eksperimen sebesar 0,9 gr %, sedangkan rata-rata peningkatan kadar Hb pada kelompok pembanding adalah 0,2 gr %. Hasil uji statistik independent t-test menunjukkan bahwa nilai t hitung = 7,104 sedangkan t tabel  = 0,05 dan derajat kebebasan 28 untuk o ne tailed test adalah 1,701. Jadi t hitung > t tabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa suplementasi zat besi dengan penambahan vitamin C dapat meningkatkan kadar Hb ibu hamil dibandingkan dengan pemberian tablet besi saja.