Abstrak


Analisis strategi saluran distribusi pemasaran pada CV. DE JAVA Computer di Surakarta


Oleh :
Agustina Rahmawati - F3204025 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Distribusi merupakan salah satu faktor penting dalam pemasaran, dimana produk dapat di salurkan ke pasaran atau ke konsumen akhir.  Sistem distribusi yang digunakan oleh perusahaan ,mempengaruhi cepat tidaknya suatu produk sampai ke tangan konsumen akhir, untuk itu suatu perusahaan harus memilih saluran distribusi yang tepat agar dapat meningkatkan volume penjualan. Dalam hal ini CV. De Java Computer menggunakan saluran distribusi langsung yaitu menyalurkan produk langsung ke konsumen akhir dan saluran distribusi tidak langsung yaitu dengan menggunakan jasa perantara.

Penelitian ini dilakukan pada CV. De Java Computer yang terletak di Laweyan, Surakarta. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran secara jelas mengenai saluran distribusi yang efisien yang digunakan pada CV. De Java Computer. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan studi pustaka dan wawancara dengan pihak yang terkait pada CV. De Java Computer. Data hasil penelitian di analisis dengan menggunakan analisis diskriptif,

Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa saluran distribusi tidak langsung lebih efisien. Efisiensi tersebut diperoleh dari hasil perhitungan efisiensi biaya distribusi terhadap total penjualan Akan tetapi kebijakan yang diterapkan pada CV. De Java Computer berbeda. Untuk saat ini CV. De Java Computer memilih saluran distribusi tidak langsung dan saluran distribusi langsung. Hal ini disebabkan karena CV. De Java Computer ingin menguasai serta mengontrol saluran distribusi produknya, meskipun biaya yang dikeluarkan lebih tinggi, daerah pemasaran masih dapat dijangkau dan CV. De Java Computer belum memiliki perantara yang cocok untuk memasarkan produknya.

Saran yang dapat penulis sampaikan adalah Sebaiknya CV. De Java Computer mencari perantara yang mempunyai pengalaman yang luas yang dapat memasarkan produknya, sehingga pendistribusian produk tidak akan mengalami kesulitan dan dapat mengefisienkan biaya distribusi.