Abstrak


Penerapan bauran promosi dalam meningkatkan jumlah pengunjung pada hotel Agas Internasional Surakarta


Oleh :
Darmastuti Ika Wulandari - - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Salah satu faktor penunjang dalam pariwisata di Indonesia adalah “sektor perhotelan”. Perhotelan menjadi faktor paling dominan dalam segi kenyamanan, pelayanan dan keramahan dalam berwisata. Pesatnya pertumbuhan pada sektor ekonomi di Indonesia pada saat era globalisasi ini, telah mendorong para usahawan untuk terus mengembangkan usahanya yaitu dengan cara promosi.

Promosi adalah komunikasi dari para pemasar yang menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan para calon pembeli suatu produk dalam rangka mempengaruhi pendapat mereka atau memproleh suatu respons.

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel promosi apa saja yang digunakan oleh Hotel AGAS Internasional Surakarta dan bagaimana peranan bauran promosi dalam meningkatkan jumlah pengunjung khususnya pengunjung check-in.

Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis secara deskriptif kualitatif yaitu menguraikan dan memaparkan masalah berdasarkan disain penelitian yang meliputi keseluruhan tahap dalam proses penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa Hotel AGAS Internasional menggunakan 3 variabel promosi yaitu periklanan, promosi penjualan dan publisitas. Media periklanan yang digunalan antara lain radio, direct mail, surat kabar, spanduk, stiker dan baliho. Promosi penjualan yang dilakukan Hotel AGAS Internasional melalui potongan harga (diskon) dan paket spesial. Sedangkan publisitas melalui hubungan dengan pers, publisitas produk dan komunikasi perusahaan. Biaya promosi selama periode 2001-2005 terus meningkat dengan total biaya promosi sebesar Rp 388.378.756,- sedangkan jumlah pengunjung dari tahun 2001-2003 dan 2005 mengalami peningkatan, namun pada tahun 2004 terjadi penurunan sebesar 26, 4%.

Saran yang dapat penulis berikan adalah Hotel AGAS Internasional Surakarta harus menambahkan media periklanan yaitu televisi karena televisi mempunyai jangkauan yang lebih luas dibanding dengan radio dan menjalin kerjasama dengan perusahaan apabila ada saat event-event olah raga seperti Liga Djarum (sepak bola) atau IBL ( Indoesian Basket Langue) selain itu Hotel AGAS Internasional juga menambahkan spanduk dan baliho yang dipasang pada tempat-tempat yang strategis.