Abstrak


Pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial dengan budaya organisasi dan locus of control sebagai variabel moderating


Oleh :
Sri Winarni - - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara empiris tentang pengaruh variabel budaya organisasi dan locus of control terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dan kinerja manajerial pada pemerintah daerah tingkat ll di Jawa Tengah.

Sejalan dengan tujuan tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode survey dengan menyampaikan kuisioner kepada responden, yaitu kepala dinas, kepala kantor, kepala bagian dan kepala badan pada instansi pemerintah daerah tingkat ll di Jawa Tengah. Teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda.

Hasil analisa data yang melibatkan 40 responden mengindikasikan bahwa budaya organisasi dan locus of control tidak memiliki pengaruh moderating terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dan kinerja manajerial melainkan berfungsi sebagai variabel independen prediktor. Hal tersebut ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar -0,007126 dan 0,0002372 yang tidak signifikan.

Kata kunci: partisipasi anggaran, budaya organisasi, locus of control dan kinerja manajerial.