;

Abstrak


Perbedaan Ekspresi Trombospondin-1 Pada Karsinoma Nasofaring WHO Tipe 3 Stadium III dan Stadium IV


Oleh :
Hutami Laksmi Dewi - S500809119 - Sekolah Pascasarjana

Hutami Laksmi Dewi, S500809119. 2014. PERBEDAAN EKSPRESI TROMBOSPONDIN- 1 PADA KARSINOMA NASOFARING WHO TIPE 3 STADIUM III DAN STADIUM IV. Pembimbing I : Dr. Made Setiamika, Sp THT-KL (K) , Pembimbing II : Prof. DR. Ambar Mudigdo, dr. SpPA. Tesis: Program Studi Kedokteran Keluarga, Minat Utama Ilmu Biomedik, Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta

Latar belakang : Karsinoma nasofaring merupakan masalah endemik yang cukup sering terjadi di beberapa negara. Di Indonesia didapatkan 13.000 kasus baru dengan prevalensi kejadian 6,2/100.000 pasien, namun sangat sedikit data yang dicatat. Deteksi dini pada karsinoma nasofaring sulit dilakukan. Trombospondin-1 merupakan protein yang membantu mencegah terjadinya angiogenesis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan ekspresi tombospondin-1 pada karsinoma nasofaring WHO tipe 3 stadium III dan stadium IV.

Bahan dan cara : Penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Sebanyak 24 sampel dari jaringan biopsi karsinoma nasofaring jenis undifferentiated, dilakukan pemeriksaan ekspresi trombospondin-1 menggunakan pemeriksaan imunohistokimia dengan perhitungan skor histologi ditentukan dengan bantuan software Olysia.

Hasil : Hasil uji beda secara statistik menghasilkan probabilitas (p) sebesar 0,045. Nilai p < 0,05 berarti bahwa terdapat perbedaan bermakna ekspresi tombospondin-1 pada karsinoma nasofaring WHO tipe 3 stadium III dan stadium IV. Ekspresi TSP-1 pada pasien stadium III lebih tinggi dibanding ekspresi TSP-1 pada pasien stadium IV.

Kesimpulan : Terdapat perbedaan yang bermakna ekspresi trombospondin-1 pada karsinoma nasofaring WHO tipe 3 pada stadium III lebih tinggi daripada stadium IV.

Kata kunci: Trombospondin-1, Karsinoma Nasofaring, Stadium III-IV