Abstrak


Komunikasi dan Minat Terhadap Tari Klasik (Studi Tentang Pengaruh Komunikasi dan Persepsi Terhadap Minat Tari Klasik di Kalangan Penari di Sanggar Tari Soerya Soemirat)


Oleh :
Selly Putri Hapsari - D0207131 - Fak. ISIP

Komunikasi dalam kehidupan manusia mempunyai peran penting, sebab dengan adanya komunikasi manusia dapat berinteraksi dengan individu lainnya atau secara berkelompok. Salah satu bentuk komunikasi yaitu komunikasi massa yang berhubungan dengan media komunikasi dan hubungan antar personal dalam suatu kelompok masyarakat. Adanya media dan hubungan antarpersonal dapat menimbulkan persepsi khususnya tari klasik bersifat positif dan negatif. Persepsi positif mempengaruhi adanya minat seseorang terhadap tari klasik.  

Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.  Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu variabel independen komunikasi massa, variabel kontrol pengetahuan dan minat, serta variabel dependen persepsi terhadap tari klasik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota penari di sanggar tari Soerya Soemirat pada periode tahun 2014 yang berjumlah 255 orang. Ciri-ciri sampel dalam penelitian ini yaitu: (1) Penari di Sanggar Tari  Soerya Soemirat, (2) Pada periode angkatan 2014 (3) Usia antara 12 – 18 tahun. Berdasarkan ciri-ciri tersebut data yang diperoleh sebanyak 50 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket.

Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan yaitu (a) Ada pengaruh variabel komunikasi terhadap tari klasik diketahui thitung sebesar 1,098 dengan signifikan  = 0,022 atau p < 0,05. (2) Ada pengaruh variabel persepsi terhadap tari klasik diketahui thitung sebesar 1,098 dengan signifikan  = 0,016 atau p < 0,05. (3) Komunikasi dan persepsi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat tari klasik. Diperoleh Fhitung = 3,133 dengan  p = 0,043 atau p < 0,05.

Kata Kunci: komunikasi, persepsi, minat terhadap tari klasik