Abstrak


Pembangunan Sistem Layanan Pembuatan Surat Masyarakat Desa Jonggrangan Berbasis Visual Basic


Oleh :
Anggun Wibowo - M3111012 - Fak. MIPA

ANGGUN WIBOWO, 2014. PEMBANGUNAN SISTEM LAYANAN PEMBUATAN SURAT MASYARAKAT DESA JONGGRANGAN BERBASIS VISUAL BASIC. Program Diploma III Teknik Informatika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Sebelas Maret Suratakta.

Sistem pembuatan surat saat ini sangat dibutuhkan untuk kegiatan pelayanan surat masyarakat di suatu desa. Namun kondisi publik tersebut belum maksimal. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang Sistem Layanan Pembuatan Surat Masyarakat di Desa Jonggrangan yang mampu mendukung dan memaksimalkan kinerja pemerintah dalam menyediakan layanan publik yang prima bagi masyarakat.

Pembuatan sistem ini diawali dengan pembuatan basis data beserta interface menggunakan MySQL dan Microsoft Visual Basic 6.0. Kemudian, melakukan uji coba terhadap aplikasi yang telah dibuat dengan tujuan mengetahui kebenaran hasil dari pemrosesan data serta melakukan analisa terhadap sistem tersebut.

Hasil Tugas Akhir ini berupa pembangunan sistem layanan pembuatan surat masyarakat desa Jonggrangan berbasis visual basic yang dapat menghasilkan beberapa surat, diantaranya : surat pengajuan skck, surat keterangan kematian, surat keterangan miskin, surat pernyataan miskin, surat permohonan ktp, surat permohonan kartu keluarga baru, surat untuk mengurus imb, surat keterangan menikah, surat keterangan belum pernah menikah, surat keterangan perwalian, surat keterangan berstatus janda atau duda dan surat keterangan untuk memperoleh akta kelahiran.

Kata Kunci : MySQL, Microsoft Visual Basic 6.0, basis data, Sistem Layanan Pembuatan Surat Masyarakat Desa