Abstrak


Implementasi Media Pembelajaran Berupa Alat Peraga Murah Berbasis Teknologi Sederhana Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Pesawat Sederhana


Oleh :
Rendy Nichoyosep Rusade - K2308009 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa alat peraga pesawat sederhana yang murah dan berbasis teknologi sederhana yang memenuhi kriteria baik, lalu mengimplementasikan hasilnya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP kelas VIII pada materi pesawat sederhana.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dan eksperimen semu. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif yang menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran. Data diperoleh melalui wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa alat peraga pesawat sederhana yang murah dan berbasis teknologi sederhana termasuk kriteria sangat baik. Selain itu, implementasi alat peraga ini dalam pembelajaran di kelas, dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa dari segi ketertarikan siswa, lingkungan belajar siswa, ketekunan siswa, keuletan siswa, minat siswa, dan kepercayaan diri siswa.