Abstrak


Penerapan Nilai-Nilai Wirausaha pada Pengusaha Indieclothing di Surakarta (Implementasi Mata Kuliah Kewirausahaan di BKK Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret)


Oleh :
Okta Diana - K7409121 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui nilai-nilai wirausaha pada pengusaha Indie Clothing di Surakarta (2) Untuk menjelaskan gambaran pelaksanaan nilai-nilai wirausaha pada pengusaha Indie Clothing di Surakarta (3) Untuk mengungkap permasalahan yang muncul serta strategi pemecahan masalah dalam menjalankan bidang usaha Indie Clothing. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi deskripsi ganda terperancang. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data/sumber dan triangulasi metode. Analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan (1) Nilai-nilai wirausaha pada pengusaha Indie Clothing di Surakarta yaitu antara lain: (a) Melihat Peluang (b) Optimisme (c) Mampu Mengambil Resiko (d) Keorisinilan: Kreativitas dan Inovasi (e) Komitmen (f) Manajemen Proaktif. (2) Pelaksanaan nilai-nilai wirausaha pada pengusaha Indie Clothing di Surakarta antara lain: (a) Produksi (b) Pemasaran (c) Keuangan/ finansial (d) Sumber daya manusia. (3) Permasalahan dan strategi pemecahan masalah dalam menjalankan bidang usaha
Indie Clothing, permasalahan yang terjadi dalam menjalankan usaha Indie Clothing antara lain: (a) Keterbatasan modal usaha (b) Adanya kesalahan produksi yang menyebabkan kualitas produk tidak sesuai dengan standar (c) Adanya pegawai yang tidak bertanggung jawab, tidak jujur dan kurang kompeten (d) Adanya kelalaian dalam membelanjakan uang, kurangnya informasi mengenai keuangan yang dimiliki (e) Adanya tim endorsement yang kurang profesional dan pencitraan karakteristik bidang usaha (f) Adanya ancaman dari pihak lain, kurang strategisnya lokasi usaha, minimnya lahan parkir. Langkah dalam pemecahan masalah dalam menjalankan usaha Indie Clothing antara lain: (a) Meminjam modal usaha kepada pihak bank dan menabung (b) melakukan pengontrolan produksi (c) Pendekatan personal terhadap pekerja yang kurang bertanggung jawab, kurang kompeten dan kurang disiplin (d) Mencatat arus finansial/keuangan serta pengontrolan keuangan baik dalam pembelanjaan kegiatan produksi maupun pribadi (e) Pemasaran dengan menggunakan media online maupun program diskon produk. (f) Mencari lokasi baru yang jauh dari permasalahan, letaknya yang strategis dan tersedianya lahan parkir.
Kata kunci : Kewirausahaan, Nilai-nilai Wirausaha, Indie Clothing