Abstrak


Kata Majemuk Berafiks Dalam Bahasa Indonesia


Oleh :
Felix Brian Hari Ekaristianto - C0210023 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

Felix Brian Hari Ekaristianto. C0210023. “Kata Majemuk Berafiks dalam Bahasa Indonesia”. Skripsi: Jurusan Indonesia Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta.   Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimanakah jenis afiks kata majemuk dalam bahasa Indonesia? (ii) Bagaimanakah proses pembentukan kata majemuk dalam bahasa Indonesia setelah mengalami afiksasi ditinjau dari perspektif infleksi danderivasi? (iii) Bagaimanakah makna kata majemuk berafiks dalam bahasa Indonesia?

Adapun tujuan penelitian ini, yakni: (i) Mendeskripsikan jenis afiks kata majemuk dalam bahasa Indonesia, (ii) Mendeskripsikan proses kata majemuk dalam bahasa Indonesia setelah mengalami afiksasi ditinjau dari perspektif infleksi dan derivasi, (iii) Mendeskripsikan makna kata majemuk berafiks dalam bahasa Indonesia.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah surat kabar Solopos, Suara Merdeka, dan Kompas yang terbit bulan Maret−Mei 2014. Data penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang ...