Abstrak


Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Potensi Makroalga Daerah Pesisir Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul DIY


Oleh :
Milyarda Shadaika - K4310056 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbasis potensi makroalga daerah pesisir terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep ekosistem. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Tanjungsari Tahun Akademik 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling, yaitu kelas eksperimen (penerapan PjBL berbasis potensi makroalga) dan kelas kontrol.

Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan posttest-only control group design. Pengumpulan data dilakukan selama satu bulan atau empat kali pertemuan dengan waktu 2 jam (45 menit setiap pertemuan). Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian yang merujuk pada level kognitif berdasarkan revisi Taksonomi Bloom skala C4-C6, yakni menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Seluruh data dianalis menggunakan Uji t pada taraf signifikasi 5%. Observasi dilakukan selama proses pembelajaran untuk mendapatkan informasi pada proses berpikir kritis siswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model PjBL berbasis potensi makroalga daerah pesisir berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: project based learning, potensi lokal, kemampuan berpikir kritis