Abstrak


Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Dada Melalui Penerapan Gaya Mengajar Resiprocal Pada Siswa Putri Kelas X Tekstil SMK N 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015


Oleh :
Bejo Widodo - K4610023 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Renang Gaya Dada melalui Penerapan Gaya Mengajar Resiprocal Pada Siswa Kelas X Tekstil Smk Negeri 9 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Tekstil Smk Negeri 9 Surakarta yang berjumlah 31 Siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan gaya mengajar resiprocal dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya dada dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar renang gaya dada pada Siklus I dari 31 siswa mencapai 61,30 % atau sebanyak 19 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 80,65 % atau sebanyak 25 siswa sedangkan 6 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 2,66.
Simpulan penelitian ini adalah dengan penerapan gaya mengajar resiprocal dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya dada pada siswa kelas X TEKSTIL SMK Negeri 9 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Renang Gaya Dada, Penerapan Gaya Mengajar Resiprocal.