;

Abstrak


Perbedaan Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Ekspositori Terhadap Keterampilan Menggunakan Alat Ukur Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammdiyah 1 Sukoharjo


Oleh :
Fatmawati Nur Hasanah - S811308016 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menemukan ada atau tidaknya perbedaan pengaruh strategi pembelajaran inkuiri dan ekspositori terhadap keterampilan menggunakan alat ukur siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. (2) Menemukan ada atau tidaknya perbedaan pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap keterampilan menggunakan alat ukur siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. (3) Menemukan ada atau tidaknya interaksi pada strategi pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap keterampilan menggunakan alat ukur siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dan menggunakan desain faktorial 2 x 2. Subyek penelitian dikelompokkan dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dipilih satu kelas dari jurusan TKR SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, yaitu kelas X TKR 4 (n=32) dan kelas kontrol dipilih satu kelas dari jurusan TKR SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, yaitu kelas X TKR 3 (n=32). Uji coba terhadap instrumen tes dilakukan pada siswa kelas X TKR 1 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Analisis terhadap validitas dan reliabilitas instrumen tes menggunakan program ITEMAN Versi 3.00.

Uji terhadap hipotesis penelitian menggunakan program SPSS Versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran inkuiri dan ekspositori terhadap keterampilan menggunakan alat ukur siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 260 > 4,00, dan ditunjukkan pula oleh p-value 0,000 < 0,05. (2) Tidak ada perbedaan pengaruh kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah terhadap keterampilan menggunakan alat ukur siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan nilai Fhitung < Ftabel , yaitu 0,429 < 4,00 dan ditunjukkan pula oleh p-value 0,515 > 0,05. (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal terhadap keterampilan menggunakan alat ukur pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan nilai Fhitung < Ftabel , yaitu 0,119 < 4,00 dan ditunjukkan pula oleh p-value 0,732 > 0,05.

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Ekspositori, Inkuiri, Kemampuan Awal.